Usaha Rumahan Agar Rasa, Agar Agar Berlapis Lapis

  

    Agar agar merupakan camilan yang terbuat dari bubuk gelatin yang lama kelamaan mengeras jika dibiarkan, agar agar juga salah satu camilan populer didaerah saya banyak sekali varian rasa dan bentuknya. Agar Rasa merupakan camilan manis yang berwarna warni, dan berlapis lapis. Untuk menambah daya tarik Agar Rasa, kalian bisa menambah irisan buah buahan ataupun susu kedalam Agar Rasa. 

    Agar Rasa ini sangat digemari oleh anak anak daerah saya, maka dari itu rasa Agar Rasa ini menyesuaikan dengan lidah anak anak dan juga mengkonsumsi Agar Rasa dalam jumlah yang wajar tidak akan menyebabkan kegemukan. 

    Meski begitu Agar Rasa juga memiliki kelemahan yaitu tidak tahan lama (cepat basi), dan bisa jadi konsumen bosan dengan rasanya yang manis. 

    Ide berjualan Agar Rasa ini juga tergolong menguntungkan dikarenakan bisa dititipkan ke kantin / koperasi siswa sekolahan yang dimana disekolah merupakan tempat yang berkemungkinan besar laku. 

    Sedangkan untuk modal pembuatan Agar Rasa ini sebanyak Rp. 43.000 sekali produksi yang akan menghasilkan 15 kemasan. Bahan bahannya sebagai berikut :

    - Bubuk agar agar instan 1 bungkus 

    - Bubuk puding instan 1 bungkus

    - Gula 250 gram

    - BBM 

    - Kemasan 15 buah

    - Sendok plastik 15 buah

    - Air secukupnya

    - Susu 5 sachet

   Harga per kemasan Agar Rasa adalah Rp. 3.500 yang menurut saya sesuai dengan uang saku anak anak sekolahan, jika ada beberapa Agar Rasa yang tidak laku pada akhir penjualan maka akan dilakukan pemotongan harga dari Rp. 3.500 ke Rp. 3.000. Alasannya kebanyakan anak sekolahan pulang pada sore hari yang akan menyebabkan Agar Rasa mulai memasuki tahap basi.    

    Jika semua Agar Rasa laku maka akan mendapatkan laba kotor sebanyak Rp.52.500. Maka laba bersih dari sekali produksi adalah Rp. 9.000 meski terbilang sedikit dengan lakunya Agar Rasa tersebut lama kelamaan akan laku semuanya.

    Untuk membuat semua Agar Rasa laku dibutuhkan promosi, promosi yang saya lakukan dengan menggunakan media online (WA, Tiktok dan Facebook). 

    Kesimpulannya Agar Rasa ini merupakan camilan manis yang populer pada kalangan anak anak dan Agar Rasa sendiri memiliki kelemahan mudah basi jika terlalu lama terpapar suhu ruangan untuk meminimalisir hal tersebut bisa dengan menurunkan harganya agar tidak terlalu mengalami kerugian yang lebih lanjut.Sekian artikel "Kenapa Kita Perlu Keramas?" semoga bermanfaat, akhir kata terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sekian artikel "Usaha Rumahan Agar Rasa, Agar Agar Berlapis Lapis " semoga bermanfaat, akhir kata terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Posting Komentar

0 Komentar